“Gimana sih biar bisa hidup bahagia kayak kamu?”

Banyak orang yang bertanya padaku seperti itu dan di sisi lain, ada fakta tersembunyi bahwa terkadang aku tidak begitu menyukai hidupku sendiri. Mungkin terdengar sangat tidak bersyukur, akan tetapi itulah yang kurasakan.

Beberapa hari lalu aku menuliskan mengenai pemberhentian dan mencintai diri sendiri. Sesuatu yang menurutku ‘nggak gue banget’. Karna yah aku dikenal sebagai cewek yang cuek banget, termasuk dengan diri sendiri. Tidak sedikit juga orang yang menilai ‘apakah dia mencintai diri sendiri?’ dari melihat penampilannya, dan jelas aku ini boyish, lebih memilih memakai kaos-celana apa saja yang penting comfort daripada dress selutut berenda.

Harus aku akui, satu-satunya cara menjalani hidup yang bahagia adalah dengan bersyukur. Memejamkan mata sejenak dan memikirkan banyak hal yang telah dimiliki, tidak hanya material tetapi juga orang-orang di sekitar kita yang telah memutuskan untuk mempedulikan kehidupan kita.

Mungkin akan banyak orang yang akan memberi feedback, “Tetapi hidupku terlalu banyak masalah. Bagaimana bisa aku tetap bersyukur?”
HAHAHA BODO AMAT. Harus kita sadari bahwa semua orang pasti memiliki masalahnya masing-masing dan kita tidak bisa menilai apakah masalahnya lebih berat daripada kita atau tidak. Bahagia adalah pilihan dan setiap kita memiliki pilihan untuk bahagia atau tetap stuck di titik yang sama. Jangan menjadi terlalu egois dengan berpikir bahwa masalah yang kita miliki adalah masalah yang paling berat di dunia, karena pada nyatanya banyak orang yang memiliki masalah jauh lebih berat daripada masalah yang kita miliki.

Juga mungkin akan banyak yang memberi feedback, “Tetapi tidak ada seorang pun yang peduli padaku. Bagaimana menurutmu?”.
Apakah kau benar-benar yakin tidak ada yang peduli padamu? Mungkin aku tidak begitu memahami tentang kehidupan setiap orang, tetapi aku yakin bahwa at least setiap kita memiliki 1 pihak yang peduli pada kehidupan kita dan masalah-masalah kita. Siapakah dia? Aku tau kalian pun telah mengerti siapa yang akan aku sebut.

Close your eyes, take a deep breath, and be grateful for every-single-things that you ever had.

