Mereka berkata aku mendapatkan segalanya dengan mudah. Semua yang mereka inginkan, yang diharapkan akan terjadi pada mereka, yang tak akan terjadi pada mereka. Aku hanya tersenyum tipis mendengar semuanya dengan telingaku sendiri. Setiap kata yang mereka katakan terdengar begitu menyakitkan meskipun itu semua berbentuk pujian atas segala yang ku miliki.

Aku tau benar semua yang kudapatkan bukan berasal dari jentikan jari dan poof! Semuanya menjadi nyata semudah coklat yang jatuh ke ladang gandum menjadi Koko Krunch. Semuanya dengan usaha yang tidak kelihatan. Bahkan hal-hal yang mereka inginkan masih merupakan hadiah yang besar bagiku. Aku sendiri tak percaya aku bisa memiliki semua itu. Semua yang diinginkan kebanyakan orang.

Tidak sadarkah mereka bahwa hal-hal yang mereka miliki juga adalah hal-hal yang mungkin diinginkan orang lain? Mengapa dengan mudah menilai dan berasumsi aku adalah satu-satunya anak yang beruntung?

Harus aku akui aku memang beruntung. Tapi tidak bisakah mereka melihat lebih jelas hal-hal yang mungkin lebih berharga daripada permata yang mereka miliki sekarang?

Teman-teman yang selalu ada.

Keluarga yang menyenangkan.

Dapat menimba ilmu tanpa harus menyebrangi gunung dan lembah terlebih dahulu.

Dapat berlari menerjang angin, berenang melawan arus tanpa kendala sedikitpun.

Dapat bernafas setiap harinya tanpa memerlukan alat bantu.

Tidakkah hal-hal itu juga berharga? Tidak semua orang merasakan yang mereka dapat rasakan, ya kan?

Jangan hanya berhenti untuk bersyukur akan hal-hal yang besar. Ketika kau telah terbiasa berhenti untuk sekedar bersyukur atas hal-hal yang kecil, kau akan sadar seberapa besar hadiah-hadiah yang telah kau dapatkan selama setahun penuh ini.

Hadiah bukanlah tentang seberapa besar hal itu di hidupmu, juga bukanlah hanya tentang hal-hal yang kau inginkan dapat terwujud. Tapi tentang hal-hal yang kau syukuri karena telah memiliki itu.

Yuk, mulai mendisiplinkan diri memulai hari dengan bersyukur atas hadiah-hadiah kecil itu!🌹

Selamat hari natal dan tahun baru bagi yang merayakan! HO HO HOπŸŽ…

During this season of giving, let us take time to slow down and enjoy the simple things. May this wonderful time of the year touch your heart in a special way. Wishing you much happiness today and throughout the New Year.πŸŒˆπŸ‘ΌπŸŽ„πŸŽ

