Mereka berkata

Semua hal itu akan menyenangkan

Mereka berkata

Aku akan mengalami hal-hal terhebat dalam hidupku

Mereka berkata

Aku akan bahagia bila bersama dengannya

Mereka berkata

Semua akan terasa indah jika aku memilih bertahan

Mereka berkata

Semua keindahan itu akan mudah didapat ketika jatuh cinta

Mereka berkata

Mereka berkata

Mereka berkata

-J.V.,2017

Tanpa kita sadari, kita semua hidup dari “kata mereka”. Setuju ataupun tidak, harus kita akui bahwa kita membutuhkan pendapat dari orang lain. Mengenai siapa kita, hal-hal yang telah terjadi dalam hidup kita, bahkan hal-hal yang akan jadi pilihan kita. Kita membutuhkan kepastian apakah hal-hal yang akan kita pilih adalah hal yang tepat.
Ada quote yang berkata, “We’re not really grow up inside, we’re just learn how to act in public“. Aku pikir, itu semua benar. Kita telah diajari bagaimana kita seharusnya berperilaku dalam masyarakat sejak kecil. Kita tak lagi mengingat siapa kita dan apa yang kita butuhkan untuk dapat melepaskan freewill yang kita miliki sejak awal manusia diciptakan.

Bukan berarti kita memiliki freewill yang benar-benar bebas dari nilai-nilai yang ada, tetapi freewill yang dapat dipertanggung jawabkan dihadapan sesama manusia dan Sang Pencipta.

Dari “kata mereka” aku belajar untuk comfort dengan diri sendiri. Sesuatu yang seperti, “kalau aku begini, apakah aku akan nyaman dengan diriku sendiri?”. Banyak hal-hal yang menjadi kemungkinan siapakah diriku dan hal-hal apa yang akan aku lakukan jika aku adalah aku. Aku belajar bagaimana cara untuk dapat disukai banyak orang tanpa harus berubah menjadi orang lain. Aku juga jadi mengetahui bahwa setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda-beda dan karenanya, aku dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan saat mereka dihadapkan oleh masalah yang mirip dengan yang ku hadapi.

Banyak hal yang kudapat dari “kata mereka”. Pada akhirnya, semua itu tergantung dari sudut pandang mana yang ingin dilihat.

Buruk? Tidak juga.

Baik? Tergantung dari sisi mana kamu ingin melihatnya.

