Have you ever feel like you’re all alone?

Like not even one person care about you?

Well, That’s true.

Awalnya aku mengelak fakta bahwa manusia dalam beberapa kondisi dan situasi memang harus “sendiri”. Aku berpikir bahwa setiap manusia berhak untuk dicintai dan tidak ditinggalkan.

Dan sekali lagi aku tersadar bahwa duniaku di masaku sekarang tidaklah sama dengan ketika aku masih kecil. Ketika setiap harinya selalu diperhatikan orang-orang dari yang remaja hingga dewasa, semuanya. Mungkin memang benar bahwa setiap orang berhak untuk dicintai, akan tetapi apakah mungkin kita tidak akan ditinggalkan? Semakin aku bertambah tua, aku mengerti bahwa aku seharusnya tidak lagi mengharapkan sebuah perhatian. Tetapi lebih memikirkan bagaimana cara untuk “giving“.

Kehidupan sosial di masa kuliah pastilah lebih berat daripada saat SD, SMP, atau SMA karena kebanyakan orang di sekitar kita akan mulai menyadari jalan hidup yang mereka inginkan dan mengejar itu sehingga kita mau tidak mau akan mengenal orang baru untuk dijadikan lingkup yang baru.

Well, not literally alone ofc. Hanya sementara waktu karena orang yang dicintai sedang sibuk mengejar mimpinya.

Tidak sadarkah kalian bahwa dalam beberapa belas atau puluhan tahun kemudian kita akan kembali sendiri?

Mungkin kita semua sudah menikah dan memiliki keluarga kecil yang bahagia. Tapi apakah kalian akan terus bersama pasangan kalian? Aku tidak membicarakan soal perceraian. Aku membicarakan mengenai keberadaan. Suami akan bekerja dan istri tetap akan tinggal di rumah atau mungkin juga bekerja di tempat yang berbeda dengan suami. Anak-anak? Tentu saja sekolah.

Pada akhirnya? Kembali lagi ke awal. Sendiri. Karena orang yang dicintai memiliki kesibukkannya masing-masing.
Berhentilah mengeluh karena merasa ditinggalkan, sendirian, dan tidak ada yang peduli. Karena yang paling menyayangi dan mengerti dirimu hanyalah Sang Pencipta dan dirimu sendiri.

Jika mulai merasa sendirian, mungkin kalian harus mempertimbangkan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk berbagi. 🙂

